Kencing Manis Pada Anak Yang Wajib Ketahui



Mengetahui betapa berbahayanya diabetes pada anak, berikut telah merangkum beberapa fakta yang ada :

- Gejala diabetes tipe 1 pada anak

Biasanya, gejala diabetes tipe 1 muncul sangat cepat, hanya dalam hitungan minggu. Berikut merupakan gejala-gejala diabetes tipe 1 pada anak:

- Sering merasa haus dan buang air kecil
Karena kadar gula darah dalam tubuh anak meningkat, tubuh akan meresponnya dengan cara menghilangkan glukosa ekstra melalui ginjal.

Hal ini membuat anak lebih sering buang air kecil dalam jumlah banyak. Akibat banyaknya cairan yang dikeluarkan dari tubuh, kemudian anak akan merasa sering haus.

Minum dalam jumlah banyak dapat membantu anak dengan diabetes untuk menjaga kadar air dalam tubuhnya.

- Rasa lapar yang tak terbendung
Akibat tubuhnya yang tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup, akibatnya glukosa atau gula dari makanan yang masuk ke tubuh anak tidak mampu diserap tubuh secara keseluruhan.

Hal ini membuat sel-sel dalam tubuh anak, seperti sel di otot dan organ anak, akan kekurangan energi untuk melakukan aktivitasnya. Akibatnya, anak lebih sering merasa kelaparan.

- Berat badan menurun
Walaupun anak mungkin akan makan lebih banyak karena mereka lebih sering merasa lapar, namun berat badan anak akan menurun bahkan bisa terjadi dalam waktu singkat.

Tubuh yang tidak dapat menyerap gula darah yang ada dalam tubuh membuat jaringan otot dan cadangan lemak menyusut, sehingga terjadi penurunan berat badan pada anak.

Penurunan berat badan biasanya menjadi tanda pertama anak mempunyai diabetes tipe 1.

- Mudah lelah
Tubuh yang tidak dapat menyerap gula dari makanan membuat tubuh kekurangan energi. Karena sel-sel dalam tubuh anak tidak mendapatkan energi yang cukup, maka anak bisa mengalami kelelahan dan anak terlihat lesu.

- Emosi dan mudah marah
Tidak hanya masalah pada fisiknya, anak juga menunjukkan gejala pada mentalnya. Anak dengan diabetes tipe 1 yang tidak diketahui, dapat tiba-tiba marah atau murung.

Maka dari itu, Mama perlu mewaspadai anak yang mudah marah tiba-tiba.

- Infeksi jamur
Anak perempuan yang belum pubertas dan menderita diabetes tipe 1 mungkin memiliki infeksi jamur pada vaginanya.  Bayi dengan diabetes tipe 1 juga dapat mengalami ruam popok karena jamur.