Cara Mengatasi Kecanduan Rokok Pada Remaja



Masih hobi merokok, mulailah mengurangi atau bahkan menghentikan sama sekali. Memang tidak mudah, apalagi yang sudah dalam taraf kecanduan. Tapi tentu semua bisa diusahakan. Bagaimana caranya?

- Niat yang sungguh-sungguh

Apapun itu, semua harus diawali dengan niat, termasuk saat Anda ingin berhenti merokok. Memang tak mudah, tapi dengan niat yang kuat dan serius, Anda akan berhasil menghentikan kecanduan rokok.

- Berpikir positif

Berpikir positif itu sangat penting saat kita ingin meninggalkan kebiasaan buruk. Cobalah berpikir bahwa Anda akan lebih sehat ketika berhenti merokok. Dan ingat, merokok itu hanya aktivitas yang tidak bermanfaat bahkan berdampak buruk bagi kesehatan.

- Perbanyak kegiatan positif

Cobalah untuk memperbanyak kegiatan yang positif. Selain bekerja, Anda bisa melakukan olahraga, berkebun, membersihkan rumah, melukis atau apapun kegiatan yang positif. Dengan banyak melakukan kegiatan diharapkan Anda bisa melupakan kebiasaan merokok. Karena sebagian besar perokok akan merokok jika ada waktu luang.

- Mengganti kebiasaan merokok

Ketika Anda sedang tidak merokok pasti mulut terasa pahit atau asam. Pasti akan timbul keinginan untuk merokok lagi. Saat hal ini terjadi, cobalah untuk menggantinya dengan memakan pemen. Lakukan kebiasaan ini secara terus menerus sehingga Anda akan terbiasa tanpa rokok lagi.

- Banyak minum air putih

Air putih banyak sekali manfaatnya bagi pecandu rokok. Cobalah minum banyak air putih setiap kali hasrat merokok datang. Meminum air putih, terutama di pagi hari akan menetralisir rasa pahit dan asam di mulut, yang akan membuat hasrat merokok Anda hilang. Cara ini sangat murah dan paling mudah  dilakukan.