Tekanan Darah Rendah Berapa

TEKANAN DARAH RENDAH (HIPOTENSI)

Tekanan darah rendah (hipotensi) suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg.
Gejala :
- Sering pusing dan menguap
- Penglihatan kurang jelas (kunang-kunang) terutama setelah duduk lama lalu berjalan.
- Keringat dingin dan wajah pucat.
- Merasa cepat lelah tidak bertenaga.
- Mengalami pingsan yang berulang.

Tekanan darah rendah dapat menimbulkan keluhan yang bervariasi pada masing-masing orang, serta tidak selalu membutuhkan penanganan khusus oleh dokter.
Apabila tekanan darah rendah mulai menimbulkan gejala yang menggangu aktivitas, tandanya Anda membutuhkan penanganan khusus secara medis. Keluhan yang biasanya muncul pada awal-awal penurunan tekanan darah dapat berupa pusing, mual, kurang konsentrasi, pandangan kabur, kulit pucat, keringat dingin, lemas, hingga pingsan.
Untuk mengetahui apakah Anda mengalami tekanan darah rendah, dokter biasanya akan melakukan beberapa pemeriksaan fisik. Yang pertama akan dilakukan adalah mengukur tekanan darah menggunakan alat tensimeter. Bila setelah dilakukan 2-3 kali pengukuran berulang di kala istirahat dan di waktu yang berbeda tekanan tetap di bawah angka normal, Anda baru akan didiagnosis mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah.