Ciri Ciri Sakit Maag Kambuh



Faktanya, maag bukanlah penyakit. Akan tetapi merupakan gejala yang menandakan adanya penyakit tertentu di tubuh seseorang. Namun maag bukanlah jaringan atau organ tubuh manusia. Maag juga bukan kondisi yang selalu muncul dan dialami oleh setiap orang. Hanya orang yang memiliki penyakit tertentu seperti penyakit asam lambung dan tukak lambung yang akan menunjukkan gejala yaitu maag.

Gejala maag tersebut akan terasa apabila seseorang mengalami kondisi isi lambung, yang termasuk asam lambung, naik menuju kerongkongan sehingga menyebabkan seseorang merasa mual, muntah dan nyeri dada. Maka tak heran jika seseorang yang memiliki gejala maag akan sangat lemah karena sakitnya sudah mencapai fase seperti itu.

Nah, ada juga beberapa penyakit selain tukak lambung yang memungkinkan adanya maag, yaitu infeksi perut dan penyakit irritable bowel syndrome.

Khusus untuk maag akut yang diderita oleh Dokter Ryan Thamrin adalah suatu peradangan yang terjadi pada dinding bagian dalam lambung yang bersifat akut yang ditandai dengan kerusakan berupa pengikisan pada permukaan dinding bagian dalam lambung. Istilah maag akut digunakan untuk menggambarkan penyakit maag yang terjadi secara tiba-tiba, dalam waktu singkat. Untuk menggambarkan rasa sakit (tingkat nyeri), istilah maag akut digunakan untuk menggambarkan penyakit maag dengan rasa sakit pada perut yang hebat dan tajam.

Lantas apa penyebab maag akut?
Penyebab dari Maag akut ini bisa dipicu oleh komsumsi obat-obatan anti inflamasi non-steroid (OAINS), minuman yang mengandung alkohol, makanan pedas, minuman mengandung kafein, makanan dengan bahan-bahan kimia, makan tidak teratur serta sering terlambat makan. Kebiasaan itu akan sedikit demi sedikit mengiritasi permukaan lambung.

Ciri-ciri maag akut
Orang yang mengalami maag akut biasanya merasakan hal-hal sebagai berikut:

gejala nyeri pada perut bagian ulu hati;
perut kembung;
mual;
muntah;
pada kasus yang berat dapat terjadi pendarahan pada saluran cerna yang ditandai dengan muntah darah berwarna hitam dan tinja berwarna gelap akibat pengikisan yang terlalu berlebihan pada dinding dalam lambung;
banyak bersendawa;
penurunan nafsu makan;
penurunan berat badan (biasanya cukup drastis).