Penyebab Vertigo Sering Kambuh



Vertigo adalah keadaan pusing yang dirasakan luar biasa. Seseorang yang menderita vertigo perasaannya seolah-olah sekitarnya berputar atau penderita sendiri merasa berputar, biasanya masyarakat awam mengatakan verigo ini dengan pusing tujuh keliling.
Tak jarang penderita vertigo selain berasa berputar-putar terkadang disertai rasa mual dan muntah-muntah, bila gangguan ini berlanjut si penederita tidak mampu berdiri bahkan bisa terjatuh karena vertigo bisa menggangu keseimbangan tubuh, vertigo dapat terjadi hanya beberapa menit saja atau beberapa jam bahkan bisa terjadi beberapa hari.
Pada dasarnya kesimbangan tubuh diperaruhi oleh otak kecil yang dikendalikan oleh organ keseimbangan yaitu telinga tengah dan telinga dalam serta mata/penglihatan. Vertigo biasanya timbul akibat gangguan alat keseimbangan yaitu alat pendengaran dan penglihatan, namun pasokan oksigen ke otak kurang juga bisa menjadi penyebabnya.
Gangguan ini dapat diatasi dengan menangani penyebabnya dan dapat di berikan vitamin B12, B1, antihistamin, diuretika dan pembatasan pemberian garam.
Ada beberapa jenis vertigo yaitu:
1. Vertigo epileptica yaitu pusing yang mengiringi terjadinya serangan ayan.
2. Vertigo laryngea yaitu pusing karena serangan batuk.
3. Vertigonocturna yaitu seolah -olah akan terjatuh pada permulaan tidur.
4. Vertigo ocularis yaitu pusing karena penyakit mata khususnya ketidak keseimbangan kegiatan otot-otot mata.
5. Vertigorotatoria yaitu pusing seolah-olah semua di sekitar badan berputar-putar.
Ciri-ciri vertigo :
Sakit kepala disertai mual-mual
sakit di bagian leher sehingga peredaran darah ke otak berkurang alacar
stres akibat banyak masalah
tekanan dari banyaknya pekerjan
Penyebab vertigo :
Keadaan linkungan
motion sickness atau mabuk darat dan mabuk laut, obat-obatan, alkohol, gentaminasin.
, kelainan sirkulasi transient is chemic atau gangguan otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke otak.
Vertigo juga merupakan salah satu gejala awal terjadinya stroke ringan yang diakibatkan pecahnya pembulu darah akibat tekanan darah tinggi, biasanya vertigo yang diakibatkan kekurangan oksigen ke otak ini akan disertai mual dan muntah-muntah.
Pencegahan vertigo :
Biasakan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh, ketika bangun tidur bangkitlah secara perlahan-lahan, baiknya jangan langsung berdiri, melainkan gunakan beberapa menit untuk duduk dulu. Jangan mengangkat barang dalam keadaan posisi membungkuk,
gerakkan kepala secara berhati-hati terutama ketika sedang mendongak
usahakan jangan terlalu capek
Pengobatan vertigo :
Pengobatan tergantung kepada penyebabnya. Obat untuk mengurangi vertigo yang paling ringan adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenzain dan skopolamin. Fungsi utama skopolamin untuk mencegah motion sickness.
Penyakit vertigo memang mengerikan tetapi tidak mengakibatkan kebutaan dan membuat penderita menjadi tuli. Tapi perlu di waspadai jangan sampai keluarga kita atau orang yang kita sayangi terkena penyakit ini.
Milagros dapat mewakili dari therapy dari penyakit-penyakit degeneratif, seperti halnya vertigo. Karena sifat alkali Milagros sangat dibutuhkan oleh organ tubuh.
Semoga bermanfaat...