Dua Jenis Sakit Kepala



Ada dua jenis sakit kepala yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer merupakan sakit kepala yang muncul tanpa keluhan lain. Sedangkan sakit kepala sekunder merupakan sakit kepala yang terjadi karena imbas dari suatu penyakit, seperti sakit kepala karena sakit gigi, dan lainnya.

Lantas bagaimana dengan keluhan mual? Mual merupakan ketidaknyamanan pada perut yang sering terjadi sebelum muntah. Ada banyak penyebab mual, mulai dari meningkatnya asam lambung sampai adanya bakteri atau virus.

Sakit kepala yang muncul bersama mual dapat terjadi karena beberapa penyakit yaitu:

Penyakit virus seperti demam berdarah

Demam berdarah adalah penyakit yang muncul karena virus dengue dari nyamuk. Demam berdarah mempunyai gejala seperti demam, sakit kepala, mual, nyeri otot, serta terkadang sulit buang air besar.

Penyakit karena bakteri di usus seperti demam tifoid

Demam tifoid adalah penyakit yang muncul karena bakteri salmonela. Bakteri ini menginfeksi saluran pencernaan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Lalu, bakteri ini masuk ke dalam peredaran darah. Gejala yang timbul biasanya demam lebih dari tujuh hari, sakit kepala disertai mual, dan diare.

- Vertigo
Sakit kepala berputar, sehingga orang yang mengalaminya sampai merasakan ingin terjatuh. Berdasarkan penyebabnya, vertigo dibagi menjadi dua yaitu vertigo sentral (gangguan pada otak) dan vertigo perifer (gangguan pada telinga).

Gangguan sakit kepala berputar ini biasanya disertai mual. Bila merasakan gejala ini, Anda biasanya akan menghentikan segala aktivitas untuk meredakannya.

- Kehamilan dan haid
Dua hal keadaan ini bisa menyebabkan sakit kepala disertai mual. Hal ini terjadi karena saat hamil dan haid, tubuh mengalami perubahan hormon estrogen secara mendadak dan signifikan.

- Meningitis
Penyakit infeksi pada selaput pelindung yang menyelimuti otak. Meningitis memiliki gejala umum berupa demam, leher terasa kaku, sakit kepala yang muncul disertai mual dan muntah hebat. Jika tidak ditangani, keadaan ini dapat mengakibatkan kematian.